Wednesday 1 August 2012

Ramadhan, Syawal, Dzulhijjah...

hohoh..
aku kali ini menulis opiniku tentang kisruh atau polemik bulan diatas...
satu kata...
KENAPA????


setiap 3 nama bulan diatas mau datang pasti terjadi kisruh antara berbagai kalangan umat muslim kapan waktu trsebut tiba..
dulu tidak pernah terjadi seperti ini..tetapi kanap hal ini selalu terjadi.?.sebab ku tanya pada ayah ku, dulu jaman pak harto gak pernah beda,,,apa yang menyebabkan ini semua?? apa memang tujuan murni untuk umat atau hanya untuk kpentingan politik??..hanya Allah yang tahu,,
ada hal yang aku ingin ceritakan...

kalian pasti pernah melihat kalender bulan hijriah yang biasa ada di mesjid, mushola y kan??,
Kalender itu  berisi hari, tanggal, bulan, dan waktu solat..Lengkap!!!! dan rentang kalender itu adalah setahun..dan semua sepakat menggunakan kalender tersebut sebagai acuan untuk waktu ibadah umat Muslim di Indonesia..apakah kalian juga sepakat?? saya rasa begitu..nah kalo setuju..metode penanggalan tersebut menggunakan metode HISAB..yaitu penanggalan dengan menghitung peredaran bulan yang telah dicatat bertahun-tahun..

nah...kenapa saat-saat hari penting atau hari raya kebesaran umat islam, kita tidak sepakat menggunakan kalender itu lagi...kenapa harus menggunakan metode RUKYAT lagi yang kebenarannya sudah shahih(memiliki dasar yang kuat ) untuk menetukan hari tersebut tiba. Rukyat adalah metode penanggalan dengan melihat anak bulan*hilal..
nah kemudian diadakan sidang itsbat..yaitu rapat besar...diundang la semua pemuka agama di seluruh indonesia...tapi ga ada gunanya,,malah semakin ricuh, gak guna,,semua yang diundang anggar jago..supaya ap???supaya dilihat orang se-indonesia???ckckc.... ada juga salah satu organisasi yang memilih tidak hadir *"kata mereka :untuk apa hadir di sidang yang keputusan sudah dsiapkan tanpa musywarah??"ckckc...

lagi2 balik ke pemerintah...pemerintah belum mengurus hal seperti ini...
hmmm..ntah apa yang ada dipkiran para pemimpin diatas...
Knapa ketika bukan hari besar, menggunakan mereka metode hisab...???
tetapi  knapa ketika hari penting, hari raya umat islam,hari yang dirindukan semua umat,mereka menggunakan rukyat..??
sehingga umat islam terpecah, tidak satu kata walaupun katanya kita harus saling meghormati sesama..

akhir kata..
mhon maaf jika ada salah...sama Allah saya mohon ampun...
semoga bermanfaat...



#rabbaniy, kamar petak, juli 2012

2 comments: